CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Warna dan Bentuk, Ciri Utama Gaya Bangunan Oriental

Desain arsitektur bergaya Oriental merupakan warisan budaya China yang mendunia. Hampir di seluruh belahan dunia mana pun kita bisa menjumpai desain Oriental yang mengusung tradisi bangsa Ting Hoa yang memiliki tampilan khas dan unik tersebut.

Ya, gaya Oriental memiliki karakter yang umumnya sudah dikenali. Selain dari bangsa China, gaya Oriental juga merupakan bawaan dari budaya ketimuran yang berkembang pula di Negara Jepang, Korea, Vietnam, dan Thailand. Desain arsitektur Oriental biasanya identik dengan warna-warna mencolok dan natural yang bersanding bersama ornamen khas misalnya ukiran kayu, patung-patung antik, dan tulisan-tulisan abjad China. Berikut adalah dua hal paling mendasar yang mencirikan desain gaya oriental yaitu:

· Warna, dalam gaya oriental penentuan warna adalah hal yang sangat penting. Warna ini diterapkan pada dinding, aksesoris, maupun furnitur. Pemilihan warna dalam desain mencakup 2 yaitu warna tenang dan warna dramatis.Keduanya membaur dengan sempurna menjadi satu kesatuan yang sangat sempurna sesuai tema warna disetiap ruang.Namun umumnya, gaya oriental cenderung kental dengan warna natural yang berasal dari unsur alami seperti kayu, batu alam, bambu, dan lukisan dinding dari kertas. Sentuhan gaya oriental juga tercermin dalam pemilihan warna seperti merah, emas, hitam, dan putih.  

· Bentuk, konsep Oriental pada bangunan biasanya muncul pada bentuk bangunan secara fisik/eksterior maupun interiornya. Meliputi bentuk atap, layout ruang, bentuk bangunan/unsur dinding bangunan, pintu gerbang, sampai kepada jenis furnitur dan aneka ornamen ruang. Selain itu, keindahan gaya oriental dicerminkan melalui kesederhanaan bentuk furniturnya.Gaya oriental dikembangkan dengan menambahkan ornamen-ornamen khusus yang menghasilkan desain yang sangat berkarakter. Material yang digunakan adalahkayuyang diberi sentuhan ukiran dengan motif yang artistik.

Pada gaya rumah modern masa kini, konsep oriental ini mengalami evolusi yang luar biasa. Kekayaan bentuk yang terus dieksplorasi oleh para perancang menjadikan kesan oriental dengan mudah diaplikasikan kepada jenis-jenis bangunan modern.

 

Add comment


Security code
Refresh