CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Tahukah Anda? Warna Punya Arti Yang Berbeda Dalam Tiap Budaya

Warna merupakan bentuk visualisasi yang mampu membuat kita terkagum akan keindahannya. Kehadiran warna memberikan pengaruh dalam kehidupan kita, warna yang kita lihat sehari-hari memiliki efek psikologi yang tidak pernah terbayangkan oleh kita.

arti warna

Manusia selalu terpesona oleh warna. Secara psikologis, pengaruh yang dimunculkan oleh warna jauh lebih kuat daripada apa yang kita lihat tentang warna secara visual. Misalnya ada warna tertentu yang mampu membuat kita bersemangat, ada pula warna yang memberikan efek sebaliknya yaitu membuat kita lemah ataupun depresi.

Dalam suatu kebudayaan tertentu warna juga bisa memberi arti tertentu yang berbeda antar budaya yang satu dengan budaya yang lainnya. Warna-warna tertentu dalam suatu budaya ada yang dianggap tabu oleh karena itu penting sekali untuk mengetahui warna dalam kebudayaan. Warna-warna yang ada akan diartikan berbeda oleh orang-orang yang berasal dari budaya yang tidak sama. Misalnya, warna suci untuk Judeo-Christian West adalah merah-biru-putih-emas, akan sangat berbeda dengan Budha yang kuning atau Islam yang hijau.

Berikut beberapa warna dan efeknya dalam beberapa budaya:

Merah, dalam kebudayaan timur dianggap sebagai warna kebahagian dan kemakmuran. Sedangkan merah bagi orang barat melambangkan kegembiraan, hasrat, cinta, dan bahaya. Sedangkan bagi budaya Yahudi berarti dosa dan pengorbanan.

Pink, pink dalam budaya timur berarti pernikahan, bagi orang barat melambangkan bayi perempuan, valentine, dan cinta.

Oranye, oranye atau jingga warna yang identik dengan holloween dalam kebudayaan barat, berbeda dengan budaya Irlandia yang menganggap warna ini warna yang religius (protestan).

Kuning, di Yogyakarta warna ini merupakan warna kebesaran Sultan Yogyakarta, di Jepang berarti keberanian dan keteguhan hati. Sedangkan di mesir dianggap warna yang melambangkan duka cita. Begitu juga di Jakarta warna kuning digunakan sebagai lambang ada yang meninggal dunia (berduka cita).

Hijau, Perancis melambangkan kejahatan, Amerika berarti keamanan/kepercayaan, Timur melambangkan keabadian, keluarga, kesehatan, kemakmuran, dan kedamaian. Di India warna hijau melambangkan Islam serta di Jepang berarti kehidupan.   

Biru, dalam budaya timur biru memiliki efek kekayaan, berbeda dengan budaya barat yang menganggap warna biru sebagai lambang depresi, kesedihan, dan kerjasama.

Putih, budaya timur berarti pemakaman, penolong, anak-anak, pernikahan, berduka cita, kedamaian, dan  bepergian. Tetapi dalam budaya barat melambangkan mempelai wanita, malaikat, orang baik, rumah sakit, dokter, kedamaian (merpati putih). di Yunani berarti kesucian.

Hitam, untuk orang timur hitam memiliki psikologi karir, iblis, pengetahuan, berduka cita, di barat berarti pemakaman, kematian, holloween sama seperti warna oranye, orang jahat, pemberontakan. Sedangkan di Cina dianggap warna untuk pria muda, Thailand berarti ketidakberuntungan, ketidakbahagiaan, iblis, serta di Spanyol dan Venesia melambangkan kaum elite.

Pemahaman arti warna  yang berbeda tersebut umumnya dipengaruhi oleh pengalaman keseharian dan budaya yang berkembang di sekitar kulturnya.

Add comment


Security code
Refresh