CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Kenali Jenis-Jenis Warna Untuk Interior

Warna yang begitu beragam membuat pemilik rumah kadang mengalami kebingungan ketika akan menentukan desain warna untuk interior. Sehingga, dibutuhkan kecermatan dan ketepatan agar warna yang diaplikasikan memunculkan kesan sesuai keinginan.

Untuk mempermudah pemilihan warna, Anda perlu untuk mengenal jenis-jenis warna berikut ini:

Ada 3 kelas warna yaitu:

· Warna Primer yang umumnya dikenal terdiri dari warna merah, biru, dan kuning.

· Warna sekunder, kalau Anda membuat kombinasi di antara ketiga warna tersebut, Anda akan mendapatkan warna orange (campuran kuning dan merah ) , hijau ( campuran kuning dan biru ), dan ungu ( campuran merah dan biru).

· Warna Tersier, kemudian, kalau Anda membuat kombinasi antara ketiga warna sekunder Anda mendapatkan enam warna.

Sehingga, total warna dasar menjadi12, dan biasanya disebut sebagai roda 12 warna. Dengan warna hitam dan putih di tengahnya sebagai warna yang netral.

Umumnya, dalam pelajaran tentang komposisi atau kombinasi warna dikenal tiga aturan dasar yaitu:

· Pertama, warna sekeluarga selalu welcome. Kebanyakan warna selalu baik dipadukan dengan warna dari satu keluarga, warna merah dengan warna merah lainnya, hijau dengan hijau. Orang kadang menyebutnya sebagai skema monokromatik: semua warna diturunkan dari satu warna tunggal.

· Kedua, warna yang bertetangga adalah teman. Anda dapat memadukan satu warna dengan warna yang bertetangga. Misalnya warna merah dengan oranye atau violet. Kombinasi ini biasanya disebut skema analog.

· Ketiga, warna berlawanan itu menarik. Paduan warna komplementer atau kontras. Setiap warna mempunyaipasangan natural, yaitu warna yang berlawanan (180 derajat). Itu sebabnya merah dan hijau dapat kelihatan bagus bila dikombinasikan. Warna hangat berkomplementer dengan warnasejuk dan sebaliknyaorang menyebutnya sebagai skema komplementer.

 

Selain itu, warna juga dibagi menjadi 3 kelompok :

· Panas dan dingin, setiap warna mempunyai suhu. Kelompok warna panas, yaitu kelompok warna di spektrum merah hingga kuning. Kelompok warna dingin / sejuk yaitu kelompok warna pada spektrum biru dan hijau.

· Gelap dan Terang, sebuah warna dapat dibuat lebih terang atau gelap.

· Cerah atau Kalem, cerah atau kalem terkait dengan intensitas warna atau kroma. Intensitas warna dapat di kelompokkan menjadi pure, bright dan brillian. Warna dengan intensitas/chroma rendah akan menjadi lebih kalem.

Dengan mengenal jenis-jenis warna tersebut, Anda bisa lebih mudah ketika akan menentukan warna interior.

Add comment


Security code
Refresh