CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Mengenal Sumber Warna

Warna yang kita lihat sehari-hari bisa berasal dari mana saja, terkadang kita tidak menyadari bahwa segala sesuatu yang ada di alam ini adalah sumber warna. iya, selain ada warna buatan, ada juga warna yang asalnya dari alam.

warna

Seluruh kehidupan manusia dikelilingi oleh sumber warna. untuk itu, berikut kita akan membahas mengenai sumber warna. selamat membaca!

Sumber Warna Alami

Hampir 80% warna dikuasai oleh sumber warna alami yang terdapat di alam. Warna-warna alami yang sering digunakan oleh arsitek adalah warna material bangunan seperti kayu, batu-batuan, beton, besi, dsb.

  • Kayu, warna-warna kayu didominasi oleh warna coklat baik coklat muda mapun coklat tua. Gradasi warna coklat sangat sesuai untuk diterapkan dalam  sebuah bangunan.
  • Batu, yaitu material alam yang mempunyai banyak ragam, variasi, dan memiliki warna yang berbeda-beda. Misalnya, warna gelap dimiliki oleh batu candi, keabu-abuan warna batu kali, batu bata dengan warna merahnya, dll.
  • Ada juga batu marmer dan batu granit yang memiliki tekstur licin dengan berbagai serat dan corak yang memberi kesan mewah. Jenis batu tersebut biasanya digunakan untuk rumah bernuansa klasik. Jenis batu lain yang banyak digunakan untuk desain rumah adalah batako dan celcon.
  • Besi, stainless stell, dan aluminium, Besi, stainless stell, dan aluminium adalah sumber warna abu-abu. Bersifat kokoh dan dingin sehingga dapat memunculkan kesan modern pada sebuah rumah. sumber warna ini alternatif lain yang digunakan untuk desain arsitek rumah tinggal yang memiliki kesan modern dan canggih. Material ini sangat cocok diterapkan untuk tangga, reiling kusen, atau sebagai konstruksi baja ringan.

Sumber Warna Buatan

Sumber warna bisa diperoleh dari cat. Semua orang pasti mengenal cat, setiap rumah tinggal kebanyakan diwarnai menggunakan cat. Dengan adanya cat kita bisa mendapatkan beragam warna. cat adalah campuran bahan cair yang diproses secara kimia, jika dioleskan pada permukaan solid, campuran ini akan mengering membentuk lapisan kulit berwarna yang tembus cahaya, bersifat menyatu, dan lengket dengan permukaan tersebut.

Cat adalah sumber warna yang paling mudah untuk dikerjakan dan paling banyak digunakan untuk mendesain rumah. biasanya cat digunakan pada akhir pengerjaan sebuah bangunan. Cat banyak jenisnya seperti cat pelitur, cat melamik, cat akrilik, cat polyurethane, cat nitrocellulose, dll.

Add comment


Security code
Refresh