CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Tips Padupadan Warna Ruangan

Kesan sebuah interior bisa dibentuk dari warna. Kehadiran warna juga mampu memberikan efek secara psikologi bagi penghuninya. Sehingga warna yang diaplikasikan pada ruangan rumah harus sesuai dengan tema dan fungsi ruangan.

warna ruang

Misalnya, memilih warna dapur yang merupakan tempat untuk memasak dan menjadi area makanan sebaiknya dipilih warna hijau atau merah yang dipercaya bisa meningkatkan nafsu makan. atau jika Anda akan mendesain warna kamar tidur, warna-warna lembut dan tenang menjadi pilihan yang tepat untuk mendukung fungsi kamar tidur yaitu sebagai tempat beristirahat.

Warna-warna yang Anda pilih bisa memunculkan efek tersendiri. Tentunya Anda tidak ingin kan jika ruangan Anda terkesan tidak nyaman karena warna yang Anda aplikasikan tidak sesuai dengan fungsi dan tema ruang. Nah, untuk menghindarinya berikut ada beberapa tips yang bisa Anda jadikan acuan dalam menentukan warna ruangan:

Memadukan warna-warna yang selaras dan harmonis

Anda bisa memperoleh kesan ruangan yang lembut dan tenang dengan melakukan perpaduan warna-warna yang selaras untuk ruangan. Anda dapat kombinasikan warna-warna yang terdapat di antara 2 warna primer. Misalnya, di antara warna primer merah dan biru terdapat warna-warna Crimson, Violet dan Violet blue. Perpaduan dari warna-warna inilah yang menghasilkan paduan warna yang harmonis. Atau, dengan memilih warna-warna pastel yang pucat.

Kombinasi warna-warna netral

Misalnya kombinasi warna hitam dan putih. Kombinasi dari kedua warna tersebut akan membuat ruangan terlihat lebih maskulin dan modern. Cara aplikasinya yaitu, gunakan warna putih pada dinding kemudian pilih furniture dan perabotan yang berwarna gelap (hitam). Ruangan akan tampil “chic” dan elegan dengan nuansa hitam-putih.

Lakukan kombinasi warna yang kontras

Kombinasi warna kontras dapat Anda terapkan jika Anda ingin ruangan terkesan lebih berani.padukan dua warna yang saling berlawanan dalam lingkaran warna (color wheel) misalnya, menggunakan warna hijau (termasuk warna dingin) sebagai warna yang mendominasi ruangan kemudian sandingkan dengan merah atau kuning (warna panas) sebagai warna aksen. Dengan demikian ruangan akan tampak lebih hidup.

Add comment


Security code
Refresh