CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Memaksimalkan Bukaan Lebar Pada Rumah Desain Tropis

Melimpahnya sinar matahari di negara beriklim tropis menyebabkan suhu yang tinggi. Maka dalam mendesain rumah tropis, kita harus memaksimalkan bukaan yang lebar, baik bukaan pintu maupun jendela.

Pastikan bukaan pada sisi ruangan yang berbeda dan disesuaikan dengan arah datangnya angin. Apabila posisi bukaan terlanjur tidak sesuai dengan arah datangnya angin, gunakan tanaman yang cukup tinggi sebagai pembelok angin. Letakkan tanaman secara tepat agar aliran udara tidak terhambat, agar proses sirkulasi udara dalam ruangan dapat mengalir dengan baik (cross ventilation).

Selain memaksimalkan bukaan yang lebar, buatlah plafond yang tinggi sekitar 3-5 meter.  Hal ini ditujukan agar volume ruang besar dan udara pun mengalir dengan lancar. Jarak antara lantai dan plafond akan membuat udara bebas bergerak pada ruang kosong. Cara ini kerap digunakan untuk menyiasati rumah dengan lahan terbatas agar membantu memberi efek ruangan menjadi lebih lapang.

Untuk wilayah tropis kita bisa mendesain kemiringan atap dengan sudut antara 30 sampai dengan 45 derajat. Awning diatas jendela melindungi pancaran sinar matahari langsung dan paparan air hujan. Perhatikan susunan atau sambungan elemen penutup atap, Jika Anda menggunakan genteng pastikan koneksi antar genteng cukup baik agar air tidak merembes melalui celahnya. Jika Anda menggunakan atap logam seperti seng, pastikan paku atau screw dilapisi karet agar air tidak merembes.

Pastikan semua ruangan mendapat sinar matahari, untuk kamar mandi gunakan bovenlicht dan kisi-kisi angin. Jika rumah Anda couple, gunakan blower untuk sirkulasi udara dan buat main hole dan skylight untuk menyerap sinar matahari. Begitu juga dengan dapur, jaga agar tetap segar. Gunakan exhauster untuk menghisap asap dan berikan jendela didindingnya agar cukup cahaya matahari.

Add comment


Security code
Refresh