CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Warna Rumah Beda Dulu, Beda Sekarang!

Warna rumah adalah cerminan pribadi dari pemiliknya. Setiap orang memiliki karakter dan keinginan yang berbeda-beda. Itulah yang kemudian dimunculkan melalui kreasi warna yang diaplikasikan pada hunian.

warna rumah

Dahulu banyak sekali rumah yang menggunakan warna-warna netral seperti putih, abu-abu, maupun krem yang biasanya diaplikasikan baik pada lantai, dinding, plafon, dan elemen rumah yang lainnya. Tetapi seiring perkembangannya kini masyarakat semakin berani bermain dengan berbagai warna. saat ini sebelum seseorang mulai mewarnai rumah, mereka akan mengumpulkan beberapa sumber yang dapat dijadikan acuan bagaimana memilih warna yang tepat misalnya, dari majalah, buku, dan internet.

Hal ini yang mendasari perkembangan pengetahuan orang sehingga mereka sekarang cenderung berani untuk mengaplikasikan tidak hanya satu jenis warna pada rumah karena berbagai teori dan contoh sudah banyak dilakukan di dunia arsitektur dewasa ini. Namun, Anda tetap tidak boleh sembarangan dalam memasukkan warna-warna berani ke dalam rumah.

Butuh pertimbangan yang cermat untuk bisa menciptakan kesan yang menarik. Sebenarnya yang perlu diperhatikan ketika akan mewarnai rumah adalah iklim karena hal ini akan mempengaruhi pilihan warna yang diaplikasikan. Contohnya, untuk rumah yang berada di daerah tropis biasanya ruang terasa panas, maka pilihlah warna-warna yang memiliki kesan menyejukkan misalnya, hijau atau biru langit.

Warna juga memberikan pengaruh terhadap ukuran ruangan. Untuk ukuran ruang yang terlalu luas  sebaiknya hindari jenis warna yang berbeda yang bukan dari turunannya karena akan membuat ruang cenderung lebih lapang selain itu juga terkesan panas. Akan lebih tepat jika warna-warna yang dipakai adalah warna alami seperti krem, cokelat, dan hitam sehingga ruangan menjadi lebih nyaman.

Sedangkan untuk  ruang yang sempit, aplikasikan warna terang seperti putih atau biru muda agar ruangan terkesan luas dan tidak menyesakkan sehingga efek psikologis terhadap warna tidak justru memberikan tekanan, melainkan keleluasaan. Agar ruangan tampil semakin memikat, Anda bisa hadirkan focal point/aksen melalui furniture dengan menggunakan warna-warna yang berlawanan dari warna dinding sehingga dapat mencuri perhatian setiap orang yang masuk ke dalam ruangan.

Untuk menghasilkan efek yang maksimal permainan warna harus dilakukan dengan komposisi yang tepat. Selamat bermain warna!

Add comment


Security code
Refresh