CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Sejarah Munculnya Arsitektur Jengki Di Indonesia

Sekitar tahun 1950 hingga 1960-an di Indonesia berkembang karya bangunan yang dianggap aneh dari keberadaan arsitektur yang berkembang pada masa itu. Bersamaan dengan perkembangan struktur pada masa itu, di masyarakat juga dikenal adanya barang-barang atau model celana jengki, sepeda jengki, rumah jengki, rambut calipso dan sebagai yang berbau jengki.

 

 

Dari sanalah istilah “Arsitektur Jengki” mulai dikenal sebagai salah satu model arsitektur yang cukup berperan pada masanya. Dan dianggap sebagai salah satu bagian dari sejarah perkembangan arsitektur di Indonesia. Ada beberapa versi tentang kemunculan gaya jengki. Ada yang mengatakan bahwa Presiden Soekarno menggerakan sikap anti-neokolonialisme, yaitu gerakan yang menolak hal-hal berkaitan dengan negara barat.

Sejak saat itu, muncullah istilah jengki dari kata yankee yang merupakan sebutan untuk bangsa Amerika pada saat itu. Pada awalnya gaya jengki digunakan di bidang arsitektur untuk lepas dari gaya arsitektur sebelumnya. Perlu diketahui bahwa pada saat itu arsitektur di Indonesia didominasi dan dipengaruhi oleh arsitektur Belanda.

Arsitek muda Indonesia menciptakan sebuah desain rumah sederhana untuk keluarga kecil. Dari sinilah gaya jengki dapat dikatakan juga sebagai gaya modern asli Indonesia.

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh