CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Desain Rumah Tropis Pas Untuk Iklim Indonesia

Prinsip rumah tropis adalah untuk mengantisipasi kelembaban udara dalam rumah akibat curah hujan yang bisa menimbulkan berbagai penyakit, serta panas matahari yang membuat suasana rumah menjadi kurang nyaman. 

 

 

Jadi rumah tropis bisa dibilang bentuk penyesuaian desain rumah terhadap efek yang ditimbulkan oleh iklim tropis yang terjadi sepanjang tahun. Desain rumah tropis sedikit banyak terinspirasi dari desain rumah tradisional yang telah melalui beberapa penyesuaian desain termasuk penyesuaian terhadap iklim tropis di Indonesia.

Hal ini dapat kita lihat pada bangunan tradisional yang didesain tanpa banyak sekat serta memiliki banyak bukaan. Desain seperti ini tujuannya untuk memberi ruang yang cukup untuk aliran udara agar kelembaban bisa dikurangi. Banyaknya sistem bukaan pada rumah tropis tradisional berfungsi untuk mengatur sirkulasi cahaya yang masuk dalam ruangan.

Desain rumah tropis termasuk salah satu desain rumah yang terstruktur untuk merespon iklim di Indonesia yaitu iklim tropis. Seperti yang kita tahu iklim di Indonesia cenderung ekstrim dengan intensitas curah hujan yang tinggi serta terik matahari yang begitu menyengat di musim kemarau.

 

 

Add comment


Security code
Refresh