CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Makna Warna Arsitektur Oriental

Pada desain arsitektur oriental, warna-warna yang digunakan memiliki makna tersendiri. Umumnya, warna pada desain oriental yang sering dipakai yaitu merah, kuning/emas, atau biru. Berikut adalah makna dari warna-warna pada desain oriental: 

 

 

Merah, warna ini dalam budaya China melambangkan keberuntungan. Warna merah dilarang sama sekali dalam upacara pengebumian karena melambangkan suka cita. Pada interior, merah adalah warna yang baik untuk membuat aksen. Warna ini sebaiknya digunakan di ruang makan, ruang tidur anak, dapur atau tempat kerja. Warna merah memiliki elemen api.

Kuning/emas, warna kuning menghasilkan Yin dan Yang, merupakan pusat dari segala sesuatu. Kuning dianggap warna yang paling indah dan melambangkan netralisasi serta keberuntungan. Warna kuning sering dipasangkan dengan warna merah. Kuning juga diasosiasikan dengan pencerahan. Kuning membantu pencernaan dan menstimulasi pikiran. Kuning cocok untuk gang/koridor dan dapur. Kuning sebaiknya tidak dipakai untuk kamar mandi atau ruang meditasi.

Biru, merupakan warna yang mewakili alam serta pembaharuan, menunjukkan kekuatan dan vitalistas. Namun, warna biru dalam gradasi gelap cenderung banyak digunakan untuk melambangkan peristiwa berduka seperti upacara kematian. Warna biru cocok untuk kamar tidur, ruang terapi dan ruang meditasi. Biru adalah warna yang termasuk kedalam elemen air.

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh