CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Warna Merah Pada Perayaan Imlek

Jika warna merah identik dengan keberanian, lantas bagaimana makna warna merah bagi warga Tionghoa? Mengingat ketika Hari Raya Imlek tiba, maka semarak warna merah bertebar dimana-dimana. Mulai dari pakaian, bungkus makanan, pernak-pernik hingga angpao pun tidak bisa dilepaskan dari warna merah.

 

 

Warna merah pada busana imlek, akan menambah kesan anggun untuk si pemakai. Selain diterapkan pada kebiasaan berbusana, warna merah juga banyak digunakan untuk menata interior.

Nuansa merah imlek tidak hanya dapat diaplikasikan pada interior ruang tamu, tetapi ruang makan juga menjadi tempat yang tepat. Warna merah pada ruang tamu dipercaya akan membuat penghuni semakin berselera saat menikmati hidangan tahun baru Cina yang Anda sajikan.

Merah sebagai warna primer, warna emas kemudian menyertai sebagai warna sekunder yang membentuk ornamen-ornamen cantik pada barang-barang khas Imlek. Warna emas bermakna keagungan, dahulu, emas adalah warna baju kebesaran yang sering dikenakan para kaisar. Ada pula yang mengaitkan legenda lampion merah bertulis emas sebagai pengusir Nian, seekor naga buas.

Sedangkan warna merah menurut mitos kebudayaan Tionghoa, ternyata melambangkan sesuatu yang kuat, sejahtera dan membawa hoki. Selain itu, warna merah juga membawa semangat baru yang menyala-nyala di awal tahun baru.

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh