CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Yuk Pelajari Tentang Lingkaran Warna

Pada roda lingkaran warna (color wheel), kita bisa melihat warna apa saja baik yang berdekatan ataupun warna turunannya (hue). Lingkaran warna terdiri atas warna primer yaitu merah, biru, kuning. Warna primer ini, bisa diturunkan lagi menjadi beberapa warna sekunder. Kemudian warna primer dan warna sekunder dapat dicampur kembali untuk menghasilkan warna tersier.

Nah, selanjutnya warna-warna yang terdapat dalam lingkaran warna tersebut dibagi menjadi beberapa kelompok diantaranya yaitu :   

• Warna panas, adalah kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran di dalam lingkaran warna mulai dari merah hingga kuning. Kelompok waran ini memiliki karakter  hangat, seria, penuh semangat dan energik. Warna panas juga mampu mengesankan jarak yang dekat.

• Warna dingin, adalah kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran di dalam lingkaran warna mulai dari hijau hingga ungu. Warna ini mampu memunculkan kesan kelembutan, sejuk, menyegarkan, dan memberi rasa tenang yang nyaman. Kelompok warna dingin dalam lingkaran warna dapat mengesankan jarak yang jauh.

• Warna kontras, adalah kelompok warna yang berlawanan satu dengan lainnya. Warna kontras bisa didapatkan dari warna yang berseberangan (memotong titik tengah segitiga) terdiri atas warna primer dan warna sekunder. Tetapi tidak menutup kemungkinan pula membentuk kontras warna dengan menolah nilai ataupun kemurnian warna. Contoh warna kontras adalah merah dengan hijau, kuning dengan ungu dan biru dengan oranye.

• Warna netral, adalah warna-warna yang tidak lagi memiliki kemurnian warna atau dengan kata lain bukan merupakan warna primer maupun sekunder. Warna ini merupakan campuran ketiga komponen warna sekaligus, tetapi tidak dalam komposisi tepat sama.

Dengan mengetahui dan memahami mengenai lingkaran warna, maka dapat memudahkan kita dalam memilih padu padan warna yang pas untuk rumah hunian kita.

Add comment


Security code
Refresh