CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Apa Saja Aturan Dalam Warna?

aturan warnaBerbicara mengenai warna maka kita akan menemukan beberapa aturan dan istilah warna pada lingkaran warna yang dapat membantu Anda untuk mengenal serta menentukan pilhan warna yang tepat sesuai dengan keinginan Anda.

Berikut akan disajikan beberapa aturan warna:

  1. Family is Always Welcome: Pada umumnya warna akan selalu terlihat serasi dengan warna-warna dalam keluarganya (warna sama), merah dengan merah, hijau dengan hijau. Kombinasi dengan warna sama tetapi berbeda intensitas (tingkat kecemerlangan warna) dan value (gelap terang warna). Populer dengan sebutan Kombinasi monokromatik. Merupakan perpaduan warna yang mengalir dengan baik dan harmonis. Dengan perencanaan yang baik, kombinasi ini menciptakan kesan elegan dan anggun.
  2. Next Door Neighbours are Friends: Kombinasi dari warna-warna yang berdekatan pada lingkaran warna, misalnya kuning – kuning oranye-oranye. Populer dengan sebutan Kombinasi analog Menghasilkan kombinasi warna yang menarik.
  3. Opposites Attract: Kombinasi dari warna-warna yang letaknya berseberangan pada lingkaran  warna. Warna merah dan hijau terlihat kompak bersama, begitu pula dengan warna biru bersama warna biru. Populer dengan sebutan Kombinasi komplementer. Memberikan keseimbangan dalam memberikan aksen dan lebih menonjolkan warna. Akan tetapi harus lebih berhati-hati agar kombinasinya tetap enak dipandang. (sumber: gtp-kansai.co.id)

Sedangkan untuk istilah warna dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu:

Value, berkaitan dengan terang gelapnya sebuah warna mulai dari terang (light), sedang (medium), gelap (dark). Terdiri dari tint yaitu penambahan warna putih pada warna, tone yaitu penambahan warna abu-abu (hitam dan putih) pada warna, dan shade yaitu penambahan warna hitam pada warna.

Temperature, berkaitan dengan hangat dinginnya warna. contohnya kuning, merah, dan oranye (warna-warna hangat) sedangkan untuk warna-warna dinigin yaitu hijau, biru, dan ungu.

Neutral, warna diluar lingkaran warna terdiri dari warna hitam, putih, dan abu-abu. Warna-warna ini berfunsi sebagai jeda visual agar ebuah ruangan terasa penuh dengan warna.

Intensity, tingkat kecemerlangan dan kemurnian warna. seperti pucat-cerah/mengkilap-tidak mengkilap yang berperan sebagai pembentuk mood dalam ruangan. Warna yang intensitasnya kuat terasa segar, hidup dan bersemangat. Sedangkan warna-warna yang intensitasnya rendah menghadirkan nuansa yang tenang. 

Add comment


Security code
Refresh