CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Lingkaran Warna Dalam Desain Grafis

Warna dalam karya desain sangat besar peranannya, terutama dalam menghadirkan kesan secara keseluruhan dari karya desain tersebut. Oleh karena itu, setiap desainer grafis dituntut untuk selalu kreatif dalam menggunakan warna.

lingkaran warna

Warna merupakan elemen paling utama yang langsung dapat ditangkap oleh indra penglihatan sebelum elemen lainnya disadari. Dalam ilmu seni rupa, warna bisa mewakili emosi dari karya grafis desain atau desain grafis tersebut sehingga pesan dari karya tersebut bisa lebih mudah diterima oleh audience. Warna berpengaruh pada rasa dan estetika hingga merayap kedalam ungkapan perasaan mendalam hingga hampir semua ilmu yang dipelajari oleh manusia mengandung warna.

Elemen warna dalam desain grafis mempunyai maknanya sendiri namun juga dipengaruhi oleh bidang keilmuan lainya dalam hal warna seperti bidang psikologi dan feng shui. Sebagai bagian dari elemen tata rupa desain grafis, warna sangatlah penting memegang peranannya sebagai sarana untuk lebih mempertegas, memperkuat kesan/tujuan dari sebuah karya desain grafis. Itulah mengapa dalam desain grafis color wheel atau lingkaran warna sangat penting.

Color Wheel merupakan teori dasar warna yang digambarkan dalam bentuk lingkaran (roda). Terdiri dari tiga warna dasar, yaitu:

  1. Merah,
  2. Biru,
  3. Kuning.

Selanjutnya, kombinasi dari tiga warna dasar ini melahirkan warna-warna baru berupa warna sekunder. Warna sekunder terdiri dari Oranye, Ungu dan Hijau. Kombinasi antara warna sekunder dengan warna dasar (primer) melahirkan warna-warna lainnya berupa warna tersier. Warna tersier terdiri dari kuning-oranye, kuning-hijau, biru-hijau, biru-ungu, merah-ungu, dan merah-oranye. Akhirnya, warna-warna tersebut kemudian digambarkan berupa sebuah lingkaran warna yang kita kenal sekarang dengan istilah Color Wheel.

Add comment


Security code
Refresh