CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Bagaimana Warna Dapat Terlihat?

Segala sesuatu yang ada dalam kehidupan ini tidak pernah lepas dari warna, setiap benda atau objek memiliki warna yang berbeda-beda. Misalnya langit berwarna biru, sedangkan rumput berwarna hijau dsb. Tetapi pernahkah Anda berpikir bagaimana warna tersebut dapat terbentuk?

warna

Dalam proses pembentukan warna harus ada 3 komponen penting sehingga kita dapat melihat warna. Apa saja komponen tersebut? Berikut bahasannya:

  1. Hal utama yang dalam pembentukan warna adalah kehadiran cahaya. Cahaya tersebut berasal dari cahaya matahari yang memancar ke bumi dan memiliki panjang gelombang tertentu untuk dapat menghasilkan warna. cahaya matahari ini disebut cahaya tampak. Cahaya matahari yang datang ke bumi melewati suatu filter yaitu atmosfer. Setelah melewati atmosfer, cahaya matahari menyebar ke seluruh permukaan bumi.
  2. Kedua yaitu adanya objek. Saat cahaya mengenai objek, cahaya tersebut dipantulkan. Dalam hal ini gelombang cahaya baru dipantulkan dari objek yang terkena cahaya matahari. Objek tempat cahaya jatuh harus dari jenis yang tidak menyerap cahaya, tetapi memantulkannya. Dengan kata lain, kualitas struktur objek harus selaras juga dengan cahaya yang mencapai bumi agar warna dapat terbentuk. Kondisi ini juga terpenuhi dan gelombang cahaya baru dipantulkan dari objek yang terkena cahaya matahari.
  3. Berikutnya dalam pembentukan warna adalah harus ada alat yang dapat yang mampu mengindra gelombang cahaya yaitu mata. Gelombang cahaya juga selaras dengan organ penglihatan. Sinar yang datang dari matahari harus melewati lensa dan lapisan-lapisan mata dan kemudian diubah menjadi impuls-impuls saraf di dalam retina. Sinyal ini kemudian diangkut ke pusat penglihatan pada otak, yang bertugas menginterpretasikan pandangan. Tahap akhir dalam pembentukan warna adalah interpretasi sinyal listrik sebagai “warna” oleh sel saraf yang sangat khusus di dalam pusat penglihatan otak.

Jadi, untuk dapat melihat warna harus ada cahaya, objek, dan pengamat.

Add comment


Security code
Refresh