CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Prinsip Metode RGB

Warna RGB adalah warna-warna yang ada dalam komputer selain warna CMYK dan warna HSL. Metode RGB digunakan untuk warna layar berupa cahaya yang dipancarkan. Warna ini hampir mirip dengan teori warna dasar, tetapi tidak menggunakan kuning digantikan oleh warna hijau.

prinsip rgbPada pemrograman berbasis text, misal xBase (dBase/FoxPro/Clipper), warna RGB ini didefinisikan dengan sangat sederhana yaitu dengan perintah dasar SET COLOR TO warna RGB. Dalam pemrograman xBase, kode warna yang dipakai adalah R (red/merah), G (Green/hijau), B (blue/biru), W (white/putih), dan N (none/tanpa warna hitam). Dalam konteks RGB atau warna cahaya, maka sebenarnya bisa dianggap tidak ada warna hitam. Warna hitam adalah warna tanpa cahaya, sehingga nilai RGB warna hitam adalah nol.

Pada pemrograman GUI, maka RGB memiliki spektrum yang lebih luas dibanding era text-based. Beberapa tools menggunakan RGB dengan nilai 0 s/d 255. Ada juga yang menggunan nilai hexadecimal dari nilai 00 sampai dengan FF.

Contoh:

  • RGB(255,0,0) akan menghasilkan warna merah sempurna
  • RGB(255,0,255) akan menghasilkan warna violet (tetapi dalam RGB akan lebih mendekati pink)
  • RGB(0,50,0) akan menghasilkan warna hijau gelap

Dalam hexadecimal, cara penentuan warna juga sama, misal warna merah dengan RGB (FF,00,00), warna biru dengan RGB (00,00,FF). Pemberian nilai maksimal RGB, yaitu RGB (255,255,255) atau RGB (FF,FF,FF) akan menghasilkan warna putih. Sebaliknya pemberian nilai minimal RGB (0,0,0) akan menghasilkan warna hitam.

Untuk menghasilkan warna abu-abu bisa dengan memberikan nilai yang sama pada unsur R,G, dan B. Jika nilainya kecil maka akan menghasilkan abu-abu gelap dan semakin besar nilainya akan menghasilkan warna abu-abu yang semakin terang. Contohnya RGB (20,20,20) menghasilkan abu-abu gelap dan RGB(200,200,200) akan menghasilkan warna abu-abu yang lebih terang.

 

Add comment


Security code
Refresh