CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Penentuan Karakter Warna-Warna

Warna adalah sesuatu yang berhubungan dengan emosi manusia dan dapat menimbulkan pengaruh psikologis. Misalnya, kita dapat merasa nyaman ketika melihat warna tertentu. Urutan warna dalam spektrum warna terdiri dari warna merah, oranye, kuning, hijau, biru, nila dan ungu yang lebih dikenal dengan lingkaran warna.

karakter warnaSelain warna-warna murni ada juga warna-warna kutub yang sebenarnya bukan termasuk warna yaitu putih dan hitam. Pencampuran suatu warna murni dengan warna putih atau hitam akan menghasilkan skala warna lain yang disebut warna-warna pastel. Jadi warna murni dicampur putih akan menjadi warna muda (tint). Warna murni dicampur hitam akan menghasilkan warna tua (shade). Sedang warna murni dicampur warna abu-abu akan menghasilkan warna tanggung (tone).

Karakter warna dapat ditentukan oleh hal-hal berikut :

  • Hue: adalah corak atau nada warna, yaitu kesan pertama terhadap suatu warna dengan mengabaikan value dan intensitas warna. Contoh Hijau daun.
  • Value: adalah nilai terang gelap warna, diukur terhadap hitam dan putih dengan mengabaikan hue dan intensitas warna. Contoh warna kuning jeruk.
  • Intensitas: adalah kuat dan lemahnya warna diukur terhadap warna abu-abu yang netral. Kekuatannya akan bertambah ke arah paling terang. Intensitas menunjukan jumlah hue yang bebas dari unsur putih.

Penerapan warna pada komposisi secara psikis dapat memberi kesan tertentu pada ruang, mendorong kemauan kerja, mendorong memusatkan perhatian, mendorong kesenangan kerja, membantu penerangan, mempetinggi keselamatan kerja, membantu orientasi kerja, dan membantu aspek kebersihan.

Add comment


Security code
Refresh