CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Kita Lihat Yuk … … Karakter dan Kesan Warna Interior

Warna adalah semua yang ada di depan mata. Segala sesuatu di dunia ini tidak ada luput dari warna. Dalam kehidupan sehari-hari kita begitu akrab dengan warna, mulai dari membuka mata di pagi hari hingga memejamkan mata kembali di malam hari. Tetapi banyak orang yang tidak menyadarinya akibat rutinitas sehari-hari. Warna sangat unik dan memiliki kesan yang berbeda-beda yang bisa mempengaruhi jiwa manusia.

Karakter Warna

Karakter Warna

Warna yang kita lihat setiap hari ternyata memiliki karakteristik,antara lain :

  • Hue: adalah corak atau nada warna, yaitu kesan pertama terhadap suatu warna dengan mengabaikan value dan intensitas warna. Contoh Hijau Daun.
  • Value: adalah nilai terang gelap warna, diukur terhadap hitam dan putih dengan mengabaikan hue dan intensitas warna. Contoh warna Kuning Jeruk.
  • Intensitas:I adalah kuat dan lemahnya warna diukur terhadap warna abu-abu yang netral. Kekuatannya akan bertambah ke arah paling terang. Intensitas menunjukan jumlah hue yang bebas dari unsur putih
  • Saturasi adalah tingkat kemurnian hue (warna) tanpa tercampur oleh warna lain. Warna murni ini relatif tidak memiliki konotasi seperti dingin atau hangat.

Kesan warna dalam interior

Warna yang diterapkan dalam sebuah ruangan mampu memberikan kesan tertentu. Maksudnya adalah persepsi visual terhadap sifat yang dihasilkan suatu warna. Seperti kesan sejuk dan segar biasanya dapat kita peroleh dari aplikasi warna hijau dan biru. Sedangkan warna oranye, kuning, atau merah akan memunculkan kesan hangat jika digunakan untuk interior.

Atau warna-warna tua seperti biru tua, ungu tua,  akan memberi ruang berkesan lebih kecil dari yang sebenarnya dan sebaliknya, warna cerah misalnya, biru muda atau kuning akan memberi kesan ruang lebih luas. Kesan ruang luas atau kecil ini kadang diperlukan untuk menciptakan suasana lebih nyaman.

Add comment


Security code
Refresh