4 Cara Menghilangkan Cat di Baju

cara-menghilangkan-cat-di-baju
4 Cara Menghilangkan Cat di Baju

Ketika sedang melakukan aktivitas mengecat rumah, walaupun sudah berhati-hati pasti ada saja percikan cat yang menempel pada baju. Kalau sampai terjadi seperti itu, menghilangkan cat di baju tentunya jadi kendala tersendiri, karena cat bukanlah noda biasa. Bahkan bisa dibilang caranya pun susah-susah gampang. Bisa saja mudah karena biasanya pada kemasan cat itu sendiri sudah tertera cara untuk membersihkannya dan jenis pembersih yang efektif. Selain itu umumnya pada setiap baju terdapat cara menghilangkan noda pada bagian tag-nya.

Cara Menghilangkan Cat di Baju dengan Mudah

Jika Sahabat Edupaint tidak menemukan petunjuk ini di kemasan cat, sebenarnya cara menghilangkan cat di baju cukup mudah selama Anda membersihkannya sesegera mungkin, sebelum noda mengering. Sebaliknya, jika noda cat terlanjur kering, maka akan cukup sulit untuk menghilangkannya.

Tapi jangan khawatir karena banyak cara menghilangkan cat di baju yang bisa kamu coba, jika satu cara tidak berhasil, masih banyak cara coba yang lainnya. Berikut 4 cara menghilangkan cat di baju!

1. Segera Bersihkan Noda

Cara menghilangkan cat di baju memang akan lebih mudah saat noda masih dalam kondisi basah. Usahakan untuk mengambil noda cat dengan benda berbentuk lempengan tipis yang bisa dengan mudah mengangkat noda tanpa membuatnya melebar ke area baju yang lain. Atau gunakan kain putih untuk menyerap cat tersebut. Setelah itu, sisa noda yang masih menempel di baju bisa langsung dibersihkan dengan tisu, kemudian dicuci dengan air hangat yang mengalir. Setelah itu untuk benar-benar menghilangkan noda, kamu bisa merendam baju ke dalam air yang sudah dilarutkan deterjen atau bisa pula dengan sabun cuci piring. Selain menggunakan deterjen, kamu bisa pula manfaatkan cairan khusus penghilang noda pada pakaian yang sudah banyak dijual di pasaran. Biasanya di setiap kemasan sudah tersedia instruksi penggunaannya.

Kalau cara menghilangkan cat di baju yang sudah kering sebaiknya diawali dengan mengikis noda tersebut, misalnya dengan sikat bulu. Lakukan ini secara perlahan agar tidak merusak baju. Dengan mengikis lapisan cat terlebih dahulu setidaknya pekerjaan membersihkan di tahap berikutnya akan lebih ringan, yaitu membersihkan dengan larutan deterjen.

2. Kenali Bahan Cat

Tujuan dari langkah ini adalah untuk menentukan jenis pembersih yang tepat dalam menghilangkan noda cat pada bajumu. Cat berbahan dasar air akan cenderung lebih mudah dibersihkan apalagi kalau nodanya masih baru. Caranya yaitu cukup dengan menggunakan air hangat yang mengalir. Sementara untuk cat dengan bahan dasar minyak, biasanya akan lebih sulit hilang. Namun tidak perlu khawatir, karena masih bisa untuk dihilangkan dengan menggunakan bensin. Caranya yaitu pakailah kain atau spons, dan gosokkan ke noda berulang kali hingga memudar. Kemudian, noda yang masih tersisa langsung direndam dalam air hangat yang sudah dicampur deterjen, lalu dibiarkan semalaman.

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua bahan pakaian bisa terkena cairan tertentu. Kalau kamu menggunakan bensin misalnya, maka ini tidak bisa diaplikasikan antara lain ke baju berbahan nilon, jadi sebaiknya cek label pakaianmu juga. Penggunaan deterjen juga tidak bisa sembarangan karena bahan atau kandungan deterjen juga berbeda-beda. Masing-masing memiliki formula yang bisa menghilangkan noda dengan tingkat atau level yang berbeda pula, mulai dari ringan, hingga noda dengan tingkat berat.

Biasanya kandungan formula tertera di setiap kemasan deterjen. Khusus untuk cara menghilangkan cat di baju putih sebaiknya pilih deterjen anti noda khusus.

3. Gunakan Alkohol

Selain menggunakan deterjen, ada juga beberapa bahan pembersih lain untuk digunakan sebagai cara menghilangkan cat di baju. Pertama, menggunakan alkohol. Alkohol untuk membersihkan baju bisa kamu dapat dari produk seperti hand sanitizer yang mengandung kadar alkohol ringan sehingga relatif aman jika terkena kulit. Caranya adalah mengoleskannya ke bagian yang bernoda, diamkan beberapa saat lalu gosok noda hingga warna pudar dan hilang.

Akhiri dengan membilasnya hingga bersih. Anda bisa juga mencoba cairan pembersih kuteks (aseton) ataupun thinner. Namun perlu diingat juga untuk membaca label peringatan terlebih dahulu ya, bisa-bisa serat pakaian akan jadi rusak.

Menggunakan thinner juga harus berhati-hati karena aromanya yang kuat dan bisa menempel pada pakaian sehingga akan mengganggu pernapasan. Nah, agar aromanya hilang, segeralah rendam baju dengan air dingin dan deterjen lalu cuci kembali dan bilas hingga aroma benar-benar hilang.

4. Gunakan Cuka

Selain alkohol dan thinner, kamu juga bisa menggunakan larutan cuka untuk menghilangkan cat di baju. Cairan satu ini memang tak hanya bisa digunakan sebagai salah satu bahan masakan, tapi juga dikenal ampuh dalam menghilangkan noda pada baju. Caranya adalah, basahi bagian yang terkena noda dengan air dingin. Lalu larutkan cuka dengan garam kemudian diaduk hingga tercampur rata. Gunakan spons untuk menggosokkan larutan cuka dan garam pada bagian baju yang terkena noda cat.

Kemudian bilas dengan air bersih. Jika masih ada noda ulangi lagi dengan menggosokkan larutan cuka dan lakukan terus hingga noda cat benar-benar hilang.

Itulah 4 cara menghilangkan cat di baju. Perlu diketahui bahwa penanganan untuk setiap noda akan berbeda-beda. Cara menghilangkan cat di baju putih dan cara menghilangkan cat di baju berwarna pun berbeda pula penanganannya. Khususnya noda cat mungkin banyak orang yang akhirnya memilih untuk membuang saja pakaian yang terkena noda ini, karena merasa akan sulit untuk membersihkannya. Setelah mengetahui cara menghilangkan cat di baju yang mudah di atas, jangan buru-buru membuang pakaian kamu lho ya. Selamat mencoba!