Tips Mudah Merawat Furniture Kayu

Tips Mudah Merawat Furniture Kayu

Furniture berbahan kayu masih menjadi favorit banyak orang karena bentuk dan fungsinya yang tak lekang oleh zaman, namun rentan akan kerusakan akibat jamur maupun rayap. Untuk menjaga keindahannya dan mencegahnya cepat lapuk, Sahabat perlu melakukan perawatan perabot kayu secara rutin. Yuk coba beberapa tips mudah merawat perabotan kayu seperti berikut:

1. Rutin Bersihkan Furniture Kayu

Debu yang menumpuk dapat membuat furniture kayu mudah keropos. Untuk menjaga ketahanan furniture, sebaiknya bersihkan furniture kayu secara rutin minimal 3x seminggu. Gunakan kain yang lembut untuk membersihkan furniture kayu agar tidak merusak permukaannya.

2. Gunakan Cairan Pembersih Kayu

Untuk menjaga kualitas kayu, pastikan sabun pembersih yang digunakan adalah sabun khusus kayu. Penggunaan sabun yang tidak sesuai dapat membuat warna pada furniture kayu cepat memudar.

3. Gunakan Kuas atau Sikat Kecil untuk Membersihkan Bagian yang Sulit Dijangkau

Cara paling efektif membersihkan furniture kayu adalah menggunakan kain lembut, namun ada beberapa bagian dan celah yang sulit dijangkau. Gunakan kuas atau sikat kecil yang lembut untuk membersihkan area tersebut dari debu dan kotoran yang terselip.

4. Segera Keringkan Furniture Kayu Jika Terkena Air

Cipratan atau air yang tertinggal saat meletakkan gelas di atas furniture kayu dapat meninggalkan bekas noda yang sulit dihilangkan. Segera keringkan begitu air mengenai permukaan furniture kayu. Jika sudah terlanjur bernoda, gunakan campuran minyak goreng dengan soda dan pasta gigi, usapkan menggunakan kain lembut di area noda untuk membersihkannya.

5. Hindari Sinar Matahari Langsung

Sinar matahari yang mengenai perabot kayu secara terus menerus dapat memudarkan warna dan menghancurkan perabot kayu secara perlahan. Hindari meletakkan perabot kayu di area yang terkena sinar matahari langsung agar tetap awet.

6. Lakukan Pengecatan Ulang Furniture Kayu

Agar furniture kayu tahan lama dan tetap kinclong, Sahabat dapat melakukan refinishing secara teratur dengan pelapis kayu terbaik. Selain mempercantik tampilan furniture, cat pelapis juga membuat furniture kayu lebih awet. Untuk furniture kayu yang masih memperlihatkan motif aslinya, gunakan politur Maritex. Untuk furniture kayu berwarna gunakan Cat Kayu & Besi Sanlex Sintetik dengan formula quick dry, 1 jam kering sentuh sehingga tidak perlu menunggu lama untuk menggunakan furniture kembali.

Image: www.pinterest.com