Tips Membuat Plafon Terlihat Lebih Tinggi

Tips Membuat Plafon Terlihat Lebih Tinggi

Plafon rumah memiliki banyak fungsi. Selain sebagai penutup rangka atap, peredam panas, hingga peredam suara, plafon juga memiliki fungsi estetis. Plafon turut membentuk gaya dan kesan pada ruangan di dalam rumah. Semakin tinggi plafon memungkinkan sirkulasi udara yang lebih baik, sehingga rumah terasa lebih sejuk dan dingin. Selain itu jika area dinding yang tinggi dibuat dengan material kaca, matahari dapat masuk ke dalam rumah dengan bebas. Anda jadi hemat listrik di siang hari serta ruangan terasa tak lembab.

Di Iklim tropis seperti Indonesia, ukuran plafon paling ideal adalah antara 2.8 – 3.2 meter. Jika Sahabat merasa plafon di rumah terlalu rendah, coba tips berikut untuk membuat plafon terlihat lebih tinggi.

1. Bikin Plafon Terlihat Lebih Tinggi dengan Cat Dinding Warna Putih

Cat warna putih selalu berhasil membuat ruangan terlihat lebih luas dan terang. Agar tidak terlalu plain, Padukan dengan perabot berwarna namun usahakan tetap memilih warna yang lembut.

2. Bikin Plafon Terlihat Lebih Tinggi dengan Pola Cat Garis Vertikal

Dilansir kompas.com, Clara Ewart, Kepala Desain di Kitesgrove, menjelaskan, garis vertikal di dinding akan membantu mengangkat mata dan menciptakan ilusi ketinggian, ideal untuk ruangan dengan plafon rendah.

3. Bikin Plafon Terlihat Lebih Tinggi dengan Warna Cat Plafon Lebih muda

Warna langit-langit yang lebih terang menciptakan kesan ruangan lebih besar dan cerah. Aplikasikan warna cat plafon yang lebih muda dari warna cat dinding agar ruangan tampak lebih tinggi. Penggunaan warna lantai yang lebih gelap juga bisa memberi efek yang sama, jika warna lantai terang coba Sahabat tambahkan karpet berwarna gelap.

4. Bikin Plafon Terlihat Lebih Tinggi dengan Gunakan Tirai Jendela Tinggi

Memasang tirai jendela atau gorden berukuran panjang memungkinkan pandangan mata jauh ke atas saat melihatnya, sehingga memberi efek ruangan tampak lebih tinggi. Sahabat juga bisa mencoba gunakan batang atau rel tersembunyi, tirai akan memberikan efek seperti air terjun yang menciptakan ilusi ketinggian.

5. Bikin Plafon Terlihat Lebih Tinggi dengan Gunakan Lampu Uplight dan Lampu Tersembunyi

Cahaya yang mengarah ke atas selain tidak membuat silau juga membuat ruangan tampak lebih tinggi. Sahabat bisa mengaplikasikannya pada lampu lantai, meja, mapupun dinding. Untuk lampu yang menempel di plafon, gunakan desain lampu tersembunyi yang dipasang di bukaan berongga pada plafon. Lampu tersembunyi sangat tepat diaplikasikan pada ruangan dengan plafon rendah karena tidak menonjol dari plafon atau memakan tempat. Sebaliknya, hindari pemasangan lampu gantung pada plafon rendah yang dapat membuat kesan ruangan semakin pendek.

Artikel Terkait