Jenis Batu Untuk Ornamen Kolam

Jenis Batu Untuk Ornamen Kolam

Kolam akan terlihat lebih menarik dengan kehadiran ornamen batu alam. Ya, batu alam bisa menjadi unsur hardscape pada kolam yang nantinya menambah kesan natural. Dengan begitu, kolam tampil kian memikat.  

 

 

Sebelum menghadirkan ornamen batu alam yang perlu Anda perhatikan yaitu,  gunakan jenis batu alam yang pas dengan bentuk atau gaya kolam yang Anda buat. Oleh karena itu, sebelum Anda menentukan pilihan, Ada baiknya Anda mengetahui apa saja jenis-jenis batu alam. Nah, berikut kita bahas sama-sama:

  • Batu Andesit, sifat batu ini padat dan tahan terhadap cuaca, serta lumut. Batu ini cocok digunakan untuk kolam dan taman.

  • Batu Palimanan, warna didominasi nuansa krem dengan corak batik berwarna coklat, dan sifatnya yang empuk menjadi keistimewaan batu ini. Palimanan juga dapat beradaptasi dengan elemen interior dan eksterior karena cocok pada permukaan atau dinding kolam sebagai pilar.

  • Batu Candi, kerap digunakan untuk ornamen berupa candi, stupa, dan patung, batuan ini sangat memberikan kesan alami. Walaupun mudah terserang lumut, batu ini sering digunakan sebagai bahan dari elemen eksterior untuk taman dan kolam.

  • Batu Koral Sikat, batu berbentuk kecil bulat ini memiliki banyak warna corak. Harga yang ekonomis cocok digunakan untuk mempercantik teras, kolam, dan tampilan taman.

  • Batu Paras Jogja, selain untuk bangunan, batu putih berparas cantik dan alami ini banyak digunakan untuk mempercantik tampilan kolam. Sifatnya yang empuk menjadikannya favorit para pematung atau pemahat batu untuk menjadikannya sebagai elemen eksterior. Ada baiknya, Anda menambahkan lapisan coating pada permukaannya jika ingin menggunakan batu ini.

  • Batu Hijau Sukabumi, batu ini diaplikasikan sebagai lapisan dari kolam renang. Warna hijaunya sangat sejuk dipandang mata dipadu dengan air yang memenuhinya. Anda bisa menggunakannya pada pagar, dinding, taman, pilar, dan lain-lain.