Tips Renovasi/Make Over Rumah Sambut Lebaran

Tips Renovasi/Make Over Rumah Sambut Lebaran

Setiap keluarga memiliki cara uniknya sendiri untuk menyambut hari raya yang fitri. Selain tradisi mudik dan membeli baju baru, sebagian orang memilih untuk memanfaatkan momen lebaran untuk memperbarui penampilan rumahnya. Apakah Anda salah satunya?

Tidak perlu bingung dalam menyusun rencana make over rumah, berikut tips yang perlu Anda perhatikan!

1.Mengecek kerusakan

Tips untuk renovasi rumah jelang lebaran yang pertama adalah memeriksa secara detail apa saja yang perlu diperbaiki dan diperbaharui dari rumah kita. Selain mempercantik penampilan rumah, tentunya renovasi juga menjadi kesempatan untuk memperbaiki bagian-bagian rumah yang perlu diperbaiki.

Contohnya adalah seperti ada atau tidaknya atap yang bocor, instalasi listrik yang rusak, atau adanya tembok rumah yang lembap karena rembes.

Kerusakan yang terlihat sepele juga terkadang dapat berdampak besar jika tidak ditangani dalam waktu yang lama. Jika semua kerusakan dapat diperbaiki, tentunya akan lebih nyaman juga bagi Anda dan keluarga menyambut tamu saat hari raya.

2. Membuat 'to do list'

Tips kedua adalah membuat daftar yang harus dilakukan. Setelah mengecek ada atau tidaknya kerusakan, Anda dapat membuat daftar perbaikan apa saja yang harus dilakukan.

Setelah langkah perbaikan, Anda bisa memasukkan kegiatan renovasi lainnya di daftar selanjutnya seperti mengecat ulang ruang tamu atau menata ulang ruang keluarga.

Daftar yang lebih terstruktur akan lebih membantu Anda untuk mengetahui langkah apa yang sebaiknya dilakukan lebih dulu. Selain itu, daftar tersebut tentu akan lebih memudahkan Anda dalam mengestimasi dana dan waktu pengerjaan.

3. Membuat anggaran dana

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat anggaran dana. Daftar pekerjaan yang harus dilakukan telah dibuat, Anda dapat mulai membuat daftar bahan apa saja yang perlu dibeli.

Jika cukup banyak renovasi yang dilakukan, Anda dapat berkonsultasi dengan ahli bangunan.

Selain biaya bahan-bahan yang digunakan. Jangan lupa juga untuk menghitung biaya jasa tukang. Anda dapat memilih jasa harian atau borongan. Pilihlah yang lebih ekonomis dan mudah untuk Anda.

4. Pilih waktu yang tepat

Waktu pengerjaan bergantung pada seberapa banyak pekerjaan renovasi yang harus dikerjakan. Targetkan pekerjaan harus dapat selesai paling tidak 3 hari sebelum lebaran. Tujuannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, contohnya seperti perubahan cuaca yang mungkin menghambat renovasi.

Jika ingin melakukan pengecatan, lakukan paling lambat 1 minggu sebelum hari raya. Hal ini bertujuan agar bau cat sudah menguap dan tidak akan mengganggu tamu yang datang ke rumah Anda.

5.Menata ulang daripada membeli baru

Renovasi atau make over rumah tidak selalu mengharuskan Anda untuk mengeluarkan anggaran yang besar. Anda juga bisa memilih untuk sekedar mengecat dan menata ulang ruang tamu Anda agar terlihat baru.

Pilihlah dekorasi dengan suasana yang netral sehingga dekorasi tersebut masih dapat terpakai meskipun lebaran telah usai.